Post Kemarin

Kandungan Manfaat dan Bahaya Buah Nanas

Kandungan Manfaat dan Bahaya Buah Nanas
 Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena
bentuknya yang seperti pohon pinus.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas :Buah ini banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit. 
1.Banyak mengandung vitamin A dan C
2.Banyak mengandung serat alami
3.Kalsium
4.Fosfor
5.Magnesium
6.Zat Besi
7.Natrium
8.Kalium
9.Dekstrosa
10.Sukrosa
11.Cystine
12.Enzim Bromelain
 

Manfaat atau Khasiat Buah Nanas :
1.Melancarkan pencernaan.
Nanas kaya akan serat alami yang baik dalam melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan manusia. Pencernaan yang lancar akan memberi pengaruh yang positif bagi keseluruhan sistem tubuh.

2.Membantu proses penyembuhan.
Nanas mengandung enzim bromelain. Senyawa ini diketahui bisa membantu proses penyembuhan luka serta mengurangi bengkak atau radang pada tubuh. Jadi, apabila seseorang sedang dalam masa recovery, berilah ia buah nanas.

3.Mengefektifkan sistem metabolisme.
Nanas mengandung aspartic acid yang melimpah. Asam ini memiliki fungsi sebagai asam amino, dengan demikian ia berperan aktif dalam melancarkan sistem metabolisme tubuh. Asam aspartic ini juga berperan dalam pembuangan asam ammonia, yakni racuk yang cukup berbahaya bagi sistem syaraf pusat manusia.

4.Menambah daya tahan tubuh.
Mengkonsumsi buah nanas secara rutin, daya tahan tubuh akan meningkat sebab buah nanas memang mengandung asam amino esensial juga non-esensial yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi perasaan lelah dan lesu seta memompa stamina juga energi.

5.Memperkuat otot jantung.
Manfaat buah nanas yang satu ini bersumber dari zat valine yang ada di setiap daging segarnya. Zat ini mampu mempertahankan kadar energi di dalam tubuh. Selain it, ia juga mampu menopang fungsi sendi juga tendon dan menguatkan otot-otot di sekitar jantung.

6.Menyuburkan rambut dan menunda penuaan.

Nanas mengandung senyawa yang diberi nama Cystine. Ia sangat bermanfaat dalam proses pembentukan kulit juga rambut. Ketersediaan cystine dalam tubuh akan membantu memperlambat penuaan.

7.Mengurangi stress.
Bagi Anda yang selalu merasa tertekan, banyak-banyaklah mengkonsumsi buah nanas sebab berdasarkan penelitian Wend an Wroslstad dari Oregon State University, nanas diketahu memiliki kandungan senyawa seratonin. Senyawa ini mampu mencegah kanker serta menciptakan rasa bahagia di dalam diri manusia dengan demikian ia akan terhindar dari stress.

8.Menanggulangi obesitas.
Buah nanas ternyata bisa menurunkan berat badan! Caranya cukup dengan mengkonsumsi air perasan buah nanas yang belum matang betul. Lakukan setiap hari dan liahatlah hasilnya.

9.Meredakan radang pada tenggorokan.
Manfaat buah nanas lainnya adalah mengobati radang tenggorokan. Caranya cukup mudah yakni dengan mengkonsumsi jus nanas 3 kali dalam sehari.

10.Meredakan kembung di perut.
Untuk mendapatkan manfaat buah nanas yang satu ini, caranya cukup mudah yakni dengan mengkonsumsi jus buah nanas kira-kira 30 menit sebelum makan. Lakukanlan ritual ini minimal 3 kali dalam sehari dengan takaran 150 sekali minum.

Peringatan :
-Ibu hamil dilarang mengkunsumsi buah nanas.


Nanas muda memiliki potensi sebagai abortivum, yaitu sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan.  Oleh sebab itu, nanas bisa dimanfaatkan untuk melancarkan terlambat haid. INGAT: Nanas muda untuk menggugurkan kandungan. Dengan begitu perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.

-Penderita kencing manis (diabetes mellitus) dianjurkan untuk membatasi dalam mengonsumsi buah nanas karena kandungan gula buah yang masak cukup tinggi.

2 Responses to "Kandungan Manfaat dan Bahaya Buah Nanas"