Post Kemarin

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Pengobatan atau Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Pengobatan atau Kesehatan
Jeruk nipis merupakan salah satu varian buah jeruk yang dimanfaatkan untuk pengobatan dan kesehatan Jarang sekali atau bahkan tidak ada yang mengkonsumsinya langsung karena rasanya yang sangat asam. Biasanya dicampur dengan madu atau ditambahkan dengan bahan lainnya.
Di dalam ekstrak buah jeruk nipis mengandung minyak limonene dan linalool, flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin.

Berikut berberapa manfaat dan cara penggunaannya :
Mengatasi Wasir
Ambil 10 gr akar pohon jeruk nipis. Cuci bersih lalu rebus dengan air mendidih selama 30 menit dan saring. Minum dalam keadaan hangat tiga kali sehari.

Menyembuhkan Amandel
Cuci 3 kulit jeruk nipis. Potong-potong menjadi bagian kecil lalu rebus dengan 2 gelas air mendidih hingga tersisa ¾ nya kemudian saring. Dalam keadaan hangat gunakan air tersebut untuk berkumur, 3-4 kali sehari.
   
Meredakan Batuk
Siapkan segelas air hangat. Peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring. Minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk Anda.
   
Menghilangkan Bau Badan
Potong satu jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian. Olesi bagian dalam jeruk dengan kapur sirih. Oleskan di ketiak setelah mandi. Diamkan selama 5 menit lalu bilas.

Mengatasi Sakit Tenggorokan
Potong 3 buah jeruk nipis yang sudah masak lalu peras. Seduh sari jeruk nipis dengan air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan aduk rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit saat air dalam keadaan hangat. Ulangi 3 kali sehari.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Minum jeruk nipis disedu dengan air boleh dicampur sedikit madu atau gula,karena Kandungan vitamn C yang tedapat pada tanaman ini akan memberikan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan beragam penyakit lainnya. Dengan kekebalan tubuh yang meningkat akan menjaga dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.
   
Penambah Stamina
Campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

0 Response to "Manfaat Jeruk Nipis Untuk Pengobatan atau Kesehatan"

Post a Comment